Rabu, 23 Mei 2012

Nirmana Award komunitas hobi anak muda Indonesia

http://www.nirmanaaward.com/sponsor-dan-partner/

Tanggal 25-26 Mei 2012 di FX Lifestyle lt 4 Senayan mulai dari pk 10.00 sampai malam, Anastasia Body painting diundang oleh panitia Nirmana Award untuk mengisi bagian dari komunitas bodypainting. Pada kali ini saya akan mulai mengangkat komunitas henna lukis  yang sering dipakai untuk pengantin dan henna for fun sehari-hari. Komunitas yang saya ikuti ada 3 klub henna yang anggotanya tersebar seantero Indonesia dan luar Indonesia. Yang seringnya berkomunikasi secara online via facebook. Ke depannya melirik untuk meningkatkan komunitas henna Indonesia dan membuat banyak kegiatan seperti bazaar, amal, gathering, dll yang tentuanya semua pasti akan berguna bagi member maupun sesama diluar member, dalam hal peningkatan mutu kualitas seninya, dan tak lupa materinya sang pelaku usaha :)

Siapa saja yang boleh gabung di klub henna ini?
-penyuka henna
-artist henna
-yang baru belajar henna
-yang belum tahu apa itu henna
-yang pengen tahu apa itu henna
-penjual henna
-dll yang berkaitan dengan henna

Halaman Klub Henna Indonesia:

http://www.facebook.com/groups/147340695333737/
http://hennaclubindonesia.multiply.com/

http://www.facebook.com/groups/208860882560957/


http://www.facebook.com/groups/indonesiannaturalhennaartist/


Berikut petikan dari site Nirmana Award:
http://www.nirmanaaward.com/
http://www.nirmanaaward.com/tentang-nirmana-award/

Tentang Nirmana Award

Design is everywhere!

Rasanya hampir semua aspek dalam kehidupan modern ini tidak bisa lepas dari desain, karena desain bisa memberikan fungsi dan estetika pada suatu objek. Berkat adanya desain, hiduppun menjadi lebih mudah dan indah. Kini, desain sudah memenuhi banyak hal yang kita butuhkan. Namun, apakah kita sudah bisa memenuhi apa yang dibutuhkan oleh desain?

Pertanyaan ini lah yang akan dijawab melalui Nirmana Award, bahwa desain dan ekosistemnya sangat perlu diberi atensi dan apresiasi. Walau kini geliat industri desain semakin pesat berkembang, namun para pelakunya, terutama yang datang dari kalangan muda alias amatir, belum mendapat apresiasi yang layak.

Nirmana Award hadir sebagai ajang berkompetisi, unjuk kemampuan diri serta mengasah potensi. Melalui sejumlah workshop dan seminar, Nirmana Award akan memberikan literasi serta wawasan mengenai desain, dari kajian yang fundamental hingga bahasan mengenai geliat dunia industri. Nirmana Award akan menjembatani pelaku desain muda dengan para profesional di tiap bidangnya. Tentu saja, hal ini akan meningkatkan kesiapan para pelaku desain muda untuk terjun ke dunia industri, dan tak hanya menyasar kepada pelaku dan pegiatnya saja.

Kami sadar, bahwa untuk melestarikan ekosistem desain ini, masyarakat luas pun perlu diberi arahan untuk mulai mengapresiasi produk desain bukan sekedar sebagai barang konsumsi masal belaka. Untuk itu, literasi mengenai makna, fungsi, serta gambaran industri desain pun akan disajikan. Nirmana Award bukanlah festival yang periodik. Kami akan terus menjaga agar efek positif ini terus menggema sepanjang waktu.

 

Supported by

Project Partner

PR Partner                 Co Sponsor


TV dan Radio Partner

Media Partner

Community

 

Tentang Nirmana Award

Nirmana Award adalah ajang apresiasi desainer muda yang mengajak desainer-desainer lokal untuk unjuk kemampuan dengan menjelajahi Indonesia melalui karya. Digagas oleh Gantibaju.com, Nirmana Award terbuka untuk siapa pun sebagai sebuah social movement untuk mengangkat desainer-desainer muda Indonesia.

 

Contact Us

Sekretariat Nirmana Award 2012
Sentra Kemang 72 Lt. 2
Jl. Kemang Raya No 72E
Jakarta Selatan 12730

Phone: +62 21 3606-6785
Email: info@nirmanaaward.com



Jumat, 13 April 2012

Memaksimalkan Promosi Melalui Warna

http://the-marketeers.com/archives/memaksimalkan-persepsi-konsumen-melalui-warna.html/trackback


Memaksimalkan Promosi Melalui Warna



colorful rose wallpaper 1024x819 Memaksimalkan Promosi Melalui Warna

Source: http://good-wallpapers.com/

Setiap warna memiliki arti dan kesan tersendiri bagi orang yang melihatnya. Untuk itu penting bagi perusahaan untuk memperhatikan warna dalam usaha branding perusahaan. Beberapa brand bahkan telah identik dengan warna-warna tertentu seperti Coca Cola yang didominasi warna merah, Pocari Sweat dengan warna birunya, dan banyak contoh lainnya. Pemilihan warna dalam branding adalah salah satu hal yang cukup vital. Ternyata warna memiliki peranan yang besar dalam ingatak konsumen. Warna mempengaruhi panca indra dan juga menjadi salah satu bentuk dari komunikasi.

 

Untuk itu dalam penentuan warna dominan pada suatu merk menjadi sangat penting. Warna ini sebaiknya muncul pada materi promosi termasuk dalam logo dan kemasan produk. Warna yang dipilih menentukan bagaimana perusahaan dipersepsikan dan lainnya. Ada baiknya kita mengetahui arti dari bebeberapa warna yang sering dipakai.

 

BIRU

Warna biru sering menggambarkan kepercayaan, dapat diandalkan, bertanggung jawab, dan aman. Warna ini memiliki asosiasi yang kuat dengan udara dan air, secara umum sebagian besar orang menyukai atau minimal memiliki persepsi netral. Warna biru seringkali digunakan oleh institusi keuangan.

 

MERAH

Warna merah cenderung meningkatkan gairah, detak jantung, dan membuat orang bernapas cenderung lebih cepat. Warna ini memnggambarkan karakter agresif, berenergi, provokatif, dan menarik perhatian. Warna merah juga dapat terasosiasi dengan bahaya

 

Hijau

Warna hijau sering dikaitkan dengan kesehatan, kesegaran, dan bisa juga ketenangan. Hijau agak tua juga terkadang memiliki asosiasi dengan kekayaan atau prestige (mungkin karena menyerupai warna uang). Hijau muda cenderung membuat tenang

 

Kuning

Warna kuning memiliki asosiasi yang kuat dengan matahari. Kungking menggambarkan optimisme, sikap positif, cahaya,dan kehangatan. Yang menarik di sini, warna kuning cerah ternyata menarik perhatian orang dibandingkan warna lain. Pemasar dapat memanfaatkan warna ini untuk materi-materi atau informasi yang membutuhkan perhatian ekstra.

 

Ungu

Warna ini seringkali menjadi warna favorit oleh orang yang kreatif. Warna yang merupakan campuran warna merah dan biru ini menggambarkan misteri, rumit, spiritual, dan juga kemegahan. Warna lavender memiliki asosiasi dengan nostalgia dan aspek sentimental

 

Pink

warna pink memiliki arti yang berbeda-beda sesuai dengan kadarnya. Pink tua berasosiasi dengan energi, kalangan muda, kegembiraan. Pink tua dapat digunakan untuk produk trendi atau tidak mahal. Pink yang lebih cerah menggambarkan romantisme sedangkan pink yang lebih kusam menggambarkan sesuatu yang sentimentil.

 

Oranye

Oranye berkaitan erat dengan kegembiraan dan kesehatan. Kadangkala warna ini sering memiliki asosiasi kuat dengan dunia anak-anak terutama bila dikombinasikan dengan warna merah. Warna oranye yang lebih cerah cocok digunakan bila perusahaan hendak menyasar pasar premium. Oranye juga dapat digunakan di perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan, restaurant,dan salon kecantikan

 

Cokelat

Warna bumi ini seringkali menggambarkan karakter kesederhanaan, daya tahan, dan stabilitas. Namun warna ini juga berkaitan erat dengan persepsi kotor. Warna ini juga dapat dikaitkan dengan pasar premium bila digabungkan dengan warna abu.

 

Hitam

Menggambarkan karakter serius, memiliki kekuatan besar, dan juga klasik. Warna ini sering menimbulkan kesan kerumitan atau kecanggihan. Warna hitam cocok bila digunakan untuk produk mahal, namun dalam beberapa kasus warna ini dapat menimbulkan kesan memiliki bobot yang lebih berat.

 

Putih

Putih terasosiasi dengan kesederhanaan, kebersihan, dan kemurnian. Mata manusia cenderung memandang warna ini sebagai warna yang brilian, dampaknya warna ini sangat menarik perhatian mata.

Secara garis besar, warna-warna tersebut dapat dibagi menjadi dua golongan besar yakni hangat dan dingin. Pada umumnya, warna hangat seperti merah dan kuning menggambarkan kegairahan sementara warna yang “dingin” cenderung memberikan efek ketenangan.

Artikel ini diadaptasi dari entrepreneur.com

sumber The Marketeers.com



Rabu, 11 April 2012

Peluang bisnis dari seni melukis tubuh manusia

http://peluangusaha.kontan.co.id/news/lahan-bisnis-dari-seni-melukis-tubuh

Berikut hasil interview bersama dengan pelaku seni body painting;

PELUANG BISNIS BODY PAINTING

Lahan bisnis dari seni melukis tubuh


0 Komentar
Telah dibaca sebanyak 139 kali 

Seni dan kreativitas merupakan dua hal yang saling melengkapi. Keduanya berkembang secara tak terbatas, termasuk dalam hal media untuk menuangkan kreativitas seni. Dalam hal seni lukis, misalnya, media yang digunakan tidak hanya kanvas.

Tapi, banyak juga yang memakai media lukis berupa tubuh manusia. Seni melukis tubuh ini disebut body painting. Saat ini, body painting makin populer dan digandrungi remaja hingga orang dewasa yang rata-rata berusia di bawah 35 tahun.

Selain bagian dari gaya hidup, body painting juga dibutuhkan untuk beragam acara, seperti peragaan busana, foto model, pembuatan film horor, pernikahan, hingga ulang tahun.

Karena peminat body painting ini cukup tinggi, banyak seniman lukis tertarik terjun ke bisnis ini. Salah satunya adalah Aditya Adana, pemilik Pena Art yang bermarkas di Tebet, Jakarta Selatan.

Aditya mengaku, peminat body painting saat ini tergolong tinggi. Untuk body painting ini, ia menyediakan yang bersifat temporary atau bersifat sementara, serta yang bersifat permanen.

Ia mematok tarif body painting temporary mulai dari Rp 25.000 untuk ukuran kecil hingga Rp 800.000 jika digambar di seluruh tubuh. "Butuh waktu sekitar dua setengah jam hingga tiga jam untuk melukis seluruh tubuh," kata Aditya.

Adapun untuk body painting permanen dibanderol mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 2 juta. Dalam sehari, ia bisa mendapatkan order antara lima sampai 50 orang. "Umumnya mereka di bawah usia 35 tahun dan berjiwa muda," terangnya.

Dalam menggeluti pekerjaan ini, ia dibantu empat pelukis lainnya. Menurut Aditya, tak semua orang bisa menyediakan jasa body painting. Sebab, diperlukan kemampuan melukis dan kreativitas dalam body painting. "Kami harus mampu memuaskan konsumen dengan melukiskan gambar sesuai keinginan mereka," ujarnya.

Sang klien bisa menyorongkan model atau desain gambarnya. "Kalau klien tidak memiliki referensi gambar maka kami yang menawarkan beberapa gambar kepadanya," jelasnya.

Dari usaha ini, Aditya mengaku mendapat omzet belasan juta dalam sebulan. Sementara laba bersihnya lumayan tinggi, sekitar 50% dari omzet.

Seniman body painting lainnya adalah Anastasia. Pemilik Anastasia Body Painting ini mengaku belajar seni lukis tubuh secara autodidak sejak tahun 2001. Ia tertarik pada seni ini karena menghadirkan tantangan tersendiri saat menggambar di atas media yang tak lazim, yakni tubuh manusia.

Selain menggunakan media tubuh manusia, tantangan lainnya ada pada motif gambar yang akan dilukis. Terlebih bila ada pelanggan yang menginginkan motif yang belum dikenalnya. "Bisa menggambar sesuai dengan harapan klien merupakan tantangan utama seniman body painting," ujarnya.

Sejumlah motif yang biasa ia kerjakan di antaranya motif bunga, kupu-kupu, dan corak tribal. Saat ini Anastasia mengelola studio body painting di kawasan Cinere, Jakarta Selatan.

Tarif body painting yang dibanderol berkisar antara Rp 200.000-Rp 400.000. Ia juga siap memenuhi panggilan, terutama di kawasan Jabodetabek. "Tapi untuk panggilan ini saya mengenakan sistem tarif per jam. Biasanya tarif tiap empat jam itu Rp 2 juta," tukasnya. Ia mengaku mengantongi pendapatan Rp 10 juta per bulan. Dari angka itu, ia meraih laba bersih 50%.

Jihan Soemawisastra juga menekuni usaha body painting. Awalnya ia merupakan seorang penata rias. Sejak tahun 2010, ia memutuskan terjun ke dunia body painting. "Make-up itu intinya bikin orang tampil cantik, sementara kita bisa lebih bebas bereksplorasi di body painting," jelasnya.

Lamanya pengerjaan body painting tidak jauh berbeda dengan make up fesyen, sekitar dua jam atau bahkan lebih cepat lagi. "Yang penting sudah ada bayangan tentang gambar yang ingin dibuat," ujarnya.

Ia mengaku kerap mendapat order ke berbagai daerah, seperti Bali, Bandung, Cirebon, Palembang, Surabaya. Bahkan, pernah juga mendapat order hingga Malaysia dan Singapura.

Untuk paket body painting, ia mematok tarif Rp 1 juta-Rp 2 juta. Harga ditentukan oleh kerumitan gambar. Bila gambar menggunakan air brush maka tarifnya lebih mahal. Dalam sebulan, ia mendapat omzet Rp 25 juta.

Sementara itu, dari Bandung, seniman body painting yang sudah lumayan dikenal adalah Yusepthia Soewardi. Pria yang akrab dipanggil Kent-Kent ini sudah terjun ke usaha ini sejak tahun 1990-an. Pelanggannya mulai dari kalangan remaja, mahasiswa hingga artis.

Menurutnya, body painting bukan sekadar aktivitas menggambar indah. Tapi juga bagaimana menghasilkan gambar yang pas dengan media tubuh yang tersedia. “Bentuk wajah tiap orang itu berbeda, nah gambar yang dibuat harus sesuai dengan bentuk wajahnya," ujarnya.

Ia mematok tarif body painting mulai Rp 150.000 hingga Rp 1,5 juta. Sayang, ia merahasiakan omzet yang didapatnya dari usaha ini.

Selasa, 27 Maret 2012

www.akusukakreasi.multiply.com sebagai Top 50 UKM di Dunia Online di Indonesia dari Majalah Marketeers


http://www.kreasianastasia.web.id/products

www.akusukakreasi.multiply.com sebagai salah satu dari Top 50 UKM di Dunia Online di Indonesia dari Majalah Marketeers

huuuuhuuuhuuuhuuu :('  telat saya...

Ups bukan telat datang bulan! Bukan juga telat masuk sekolah...  Tapi saya telat lihat iklan dari majalah Marketeers ini.  Informasi yang sangat penting untuk pebisnis, apalagi pebisnis kecil seperti saya ini.  Tulisan dibawah ini, ternyata diserahkan Paling Lambat  tanggal 14 Maret 2012  tapi saya dapat iklannya tanggal 15 Maret 2012.  Walaupun langsung  mendaftar tetap saja terlambat.

Sedih hati saya...  Tapi suami saya malah menghibur, katanya:  sudah sudah,  pasti ada rencana Tuhan yang lain. Kan juga sudah dapet undangan acaranya nanti.

Duuh terhibur sedikit deh ucapan suami.  Iya, di acara nanti saya pasti dapat  "SESUATU"  yang berharga untuk pengalaman pribadi saya yang pastinya  berguna untuk bisnis ke depannya supaya berhasil. Amin.


1. Posting di website Anda sebuah tulisan berjudul “[insert nama website Anda] Sebagai Top 50 UKM di Dunia Online dari Majalah Marketeers”

Dalam penulisan ini, Anda harus menuliskan uraian dan tanggapan Anda terhadap semua pertanyaan di bawah ini:

  • Apakah Anda punya website? Ya saya punya website dari multiply yang sering saya kelola yaitu www.akusukakreasi.multiply.com
  • Kapan website Anda dibangun? Mungkin sekitar 2 tahun yang lalu. Mungkin lebih karena awalnya saya hanya membuat saja tanpa mengutak-atik lagi setelah mendaftar.
  • Mengapa Anda membuat website ini? Karena waktu itu saya ingin tahu apa itu multiply.
  • Apa fungsi dari website yang Anda bangun ini? Setelah tahu multiply, saya gunakan website ini untuk mempromosikan semua kegiatan saya termasuk jualan saya
  • Apa saja yang Anda lakukan di dunia online? Update status, chatting, promosi, belajar dari tutor online
  • Apa yang istimewa dari aktivitas Anda di dunia online? Menulis selain berpromosi
  • Apa saja impact yang Anda dapatkan selama ini terhadap peningkatan bisnis Anda? Banyak customer datang/tahu dari internet
  • Mengapa Anda layak untuk dipilih oleh Majalah Marketeers sebagai salah satu Top 50 UKM Go Online di Indonesia? Karena unik, memulai bisnis dari otodidak dan belajar sendiri lewat internet  dan akhirnya bisa memberikan ilmu kepada oranglain yang butuh.
  • Apa nama akun Facebook dan Twitter Anda? anastasiabodypainting (FB) @tuqula (TWITTER)

Catatan: Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, tulis pada bagian terakhir artikel di website Anda: “artikel ini ditulis untuk mengikuti pemilihan Top 50 UKM di Dunia Online dari Majalah Marketeers. Dan tulisan tersebut harus di link kan ke http://the-marketeers.com/archives/mau-masuk-menjadi-marketeers-top-50-ukm-di-dunia-online.html

2.  Kirim tautan / link artikel yang Anda post di website Anda lewat email ke info@the-marketeers.com sebelum tanggal 14 Maret 2012. Mohon ditulis nama lengkap ( ANASTASIA SRI ISTYANINGSIH ), tempat tanggal lahir,  nama usaha Anda ( KREASI ANASTASIA BODYPAINTING ), alamat website (  www.akusukakreasi.multiply.com  / www.kreasianastasia.web.id  ), nomor telpon yang dapat dihubungi ( 08128182906 ) dan alamat e-mail ( rokenroll@yahoo.com )

3. Tim marketeers akan menyeleksi masukan yang ada lewat tulisan Anda di atas dan menentukan siapa yang layak untuk diverifikasi untuk dapat diprofil sebagai Marketeers Top 50 UKM di Dunia Online.

———————————————-

APA YANG ANDA DAPATKAN?

Bagi Anda yang dipilih oleh tim Marketeers untuk masuk dalam Top 50 UKM di Dunia Online ini:

  • Anda dan usaha bisnis Anda akan difitur dalam sisipan khusus Majalah Marketeers “Top 50 UKM di Dunia Online”
  • Website Anda akan dipamerkan gratis di Festival UKM Nasional 2012, pada tanggal 31 Maret 2012 di Gedung Smesco, Jakarta. Festival ini diselenggarakan oleh Marketeers bersama para mitra Bisnis Lokal Go Online yang merupakan inisiatif bersama antara GOOGLE  dengan Kementerian Koordinasi Perekonomian, Kementerian Industri, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kamar Dagang dan Industri (KADIN), serta Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Bakrie Connectivity, Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM), Melsa dan Multiply.com

Ups... sudah terlambat yah? entah ini ditolak dan didiskualifikasikan, Tapi saya tetap mau berpartisipasi untuk bisnis henna pengantin saya ini.  Bukan apa-apa sih yaa, hanya saja saya senang kalo nanti dibaca orang-orang apalagi ibu-ibu rumahtangga juga para pelajar dan mereka meniru langkah saya bahwa mencari uang dan atau mencari tambahan untuk ekonomi keluarga tidak harus bermodal besar, tidak harus belajar dari bangku sekolah, tidak harus belajar atau kursus dengan biaya yang memotong uang bulanan para pelajar / ibu rumahtangga. Daaaan, ini bisa juga dikerjakan para lelaki looh.

Dari hasil kreasi tangan yang paling sederhana bisa mendapatkan 'sesuatu'. Amin. Terimakasih.



Attachment: multiply.JPG